Leaders of Physics


Blaise Pascal
Blaise Pascal (1623–1662) adalah seorang Prancis yang merupakan keajaibandalam dunia matematika. Dia juga merupakan tokoh fisika yang sangat terkenal Dialah yang menciptakan pola segitiga Pascal dan telah dikenal selama lebih dari 600 tahun.

Archimedes
Archimedes dari Syracusa (sekitar 287 SM – 212 SM). Ia belajar di kota Alexandria, Mesir. Pada waktu itu yang menjadi Raha Sirakusa adalah Hieron II, sahabat Archimedes. Pada suatu hari Archimedes dimintai Raja Hieron II untuk menyelidiki apakah mahkota emasnya dicampuri perak atau tidak. Archimedes memikirkan masakah ini dengan sungguh-sungguh. Hingga ia merasa sangat letih dan menceburkan dirinya dalam bak mandi umum penuh dengan air. Lalu, ia memperhatikan ada air yang tumpah ke lantai dan seketika itu pula ia menemukan jawabannya. Ia bangkit berdiri dan berlari sepanjang jalan ke rumah dengan telanjang bulat. Setiba di rumah ia berteriak pada isterinya, “Eureka! Eureka!” yang artinya “sudah kutemukan! Sudah kutemukan!” lalu ia membuat hukum Archimedes.

Thomas Alva Edison
Thomas Alva Edison adalah penemu dan pengusaha yang mengembangkan banyak peralatan penting. Si Penyihir Menlo Park ini merupakan salah seorang penemu pertama yang menerapkan prinsip produksi massal pada proses penemuan.Ia lahir di Milan, Ohio, Amerika Serikat.Pada tahun 1870 ia menemukan mesin telegraf yang lebih baik. Mesin-mesinnya dapat mencetak  pesan-pesan di atas pita kertas yang panjang. Pada tahun 1874 ia pindah ke Menlo Park, New Jersey. Disana iamembuat sebuah bengkel ilmiah yang besar dan yang pertama di dunia. Setelah itu ia banyak melakukan penemuan-penemuan yang penting. Pada tahun 1877 ia menemukan Gramofon.Dalam tahun 1879 ia berhasil menemukan lampu listrik  kemudia ia juga menemukan proyektor untuk film-film kecil. Tahun 1882 ia memasang lampu-lampu listrik di jalan-jalan dan rumah-rumahsejauh satu kilometer di kota New York. Hal ini adalah pertama kalinya di dunia lampu listrik di pakaidi jalan-jalan. Beberapa penelitiannya antara lain : mendeteksi pesawat terbang, menghancurkan periskopdengan senjata mesin, mendeteksi kapal selam, menghentikan torpedo dengan jaring, menaikkankekuatan torpedo, kapal kamuflase, dan masih banyak lagi.Ia meninggal pada usianya yang ke-84, pada hari ulang tahun penemuannya yang terkenal, bolalampu modern.Pada tahun 1928 ia menerima penghargaan berupa sebuah medali khusus dari Kongres AmerikaSerikat

Hendrik Antoon Lorentz
Hendrik Antoon Lorentz ialah fisikawan Belanda yang memenangkanPenghargaan Nobel dalam Fisika bersama dengan Pieter Zeeman pada 1902.Dilahirkan di Arnhem, Belanda.Lorentz meneruskan pekerjaannya untuk menyederhanakan teori Maxwell dan memperkenalkan gagasan bahwa medan elektromagnetik ditimbulkan oleh muatan listrik pada tingkat atom. Iamengemukakan bahwa pemancaran cahaya oleh atom dan berbagai gejala optik dapat dirunut kegerak dan interaksi energi atom.Pada 1896, salah satu mahasiswanya Pieter Zeeman menemukan bahwa garis spektral atomdalam medan magnet akan terpecah menjadi beberapa komponen yang frekuensinya agak berbeda. Hal tersebut membenarkan pekerjaan Lorentz, sehingga mereka berdua dianugerahi Hadiah Nobel pada1902.Pada 1895, Lorentz mendapatkan seperangkat persamaan yang mentransformasikan kuantitaselektromagnetik dari suatu kerangka acuan ke kerangka acuan lain yang bergerak relatif terhadap yang pertama meski pentingnya penemuan itu baru disadari 10 tahun kemudian saat Albert Einsteinmengemukakan teori relativitas khususnya.Lorentz (dan fisikawan Irlandia G.F. Fitzgerald secara independen) mengusulkan bahwa hasilnegatif eksperimen Michelson-Morley bisa dipahami jika panjang dalam arah gerak relatif terhadap pengamat mengerut. Eksperimen selanjutnya memperlihatkan bahwa meski terjadi pengerutan, hal itu bukan karena penyebab yang nyata dari hasil Michelson dan Edward Morley. Penyebabnya ialah karenatiadanya ‘eter’ yang berlaku sebagai kerangka acuan universal.

Gustav Robert Kirchhoff
Gustav Robert Kirchhoff adalah seorang fisikawan Jerman yang berkontribusi pada pemahaman konsep dasar teori rangkaian listrik, spektroskopi, dan emisi radiasi benda hitam yang dihasilkan oleh benda-benda yang dipanaskan.Dia menciptakan istilah radiasi “benda hitam”
pada tahun 1862. Terdapat 3konsep fisika berbeda yang kemudian dinamai berdasarkan namanya “hukum Kirchhoff”, masing-masing dalam teori rangkaian listrik, termodinamika, dan spektroskopi.
Gustav Kirchhoff dilahirkan di Königsberg, Prusia Timur (sekarang Kaliningrad, Rusia). Kirchhoff merumuskan hukum rangkaian, yang sekarang digunakan pada rekayasa listrik, pada tahun 1845, saat dia masih berstatus mahasiswa. Ia mengusulkan hukum radiasi termal pada 1859, dan membuktikannya pada 1861. Dia adalah penemu pendamping dari caesium dan rubidium pada 1861 saat mempelajari komposisi kimia Matahari viaspektrumnya.
Hukum Kirchhoff dalam spektroskopi
1.Bila suatu benda cair atau gas bertekanan tinggi dipijarkan, akan menghasilkan cahayadengan spektrum kontinu.
2.Bila suatu benda gas bertekanan rendah dipijarkan, akan menghasilkan cahaya denganspektrum emisi, berupa garis-garis terang pada panjang gelombang yang diskret (pada warnatertentu) bergantung pada tingkatan energi atom-atom yang dikandung gas tersebut.

3.Bila spektrum kontinu dilewatkan pada suatu benda gas dingin bertekanan rendah, akanmenghasilkan cahaya dengan spektrum serapan, berupa garis-garis gelap pada panjanggelombang yang diskret bergantung pada tingkatan energi atom-atom yang dikandung gasdingin tersebut

Charles Coulomb
Charles-Augustin de Coulomb adalah seorang ilmuwan Perancis yangdiabadikan namanya untuk satuan listrik untuk menghormati penelitian penting yangtelah dilakukan oleh ilmuwan ini.Percobaan awal Coulomb meliputitekanan yang bisa memecahkan suatu benda (1773) dan ini adalah awal ilmu modern tentang kekuatan benda-benda. Karyanya di bidang listrik dan magnet yangmembuatnya begitu terkenal, baru diterbitkan dalam serangkaian makalah antara tahun 1785 dan 1789.Melakukan percobaan dengan magnet kompas, ia langsung melihat bahwa gesekan pada sumbu jarum menyebabkan kesalahan. Ia membuat kompas dengan jarum tergantung pada benang lembut. Dania menarik kesimpulan; besarnya puntiran pada benang haruslah sama dengan kekuatan yang mengenai jarum dari medan magnetik bumi. Ini mengawali penemuan Timbangan Puntir, untuk menimbang benda-benda yang sangat ringan.Timbangan puntir tadi membawa Coulomb ke penemuannya yang paling penting. Dengan menggerakkan dua bulatan bermuatan listrik di dekat timbangan puntir, ia menunjukkan bahwa kekuatan di antara kedua benda itu berbeda-beda jika kedua benda itu saling menjauh. Ia mempelajari akibat gesekan pada mesin-mesin dan menampilkan teori tentang pelumasan. Semua ini, bersama pandangannya tentang magnet, diterbitkan di Teori tentang Mesin Sederhana pada tahun 1779.Tahun 1785 keluarlah hukum Coulomb; daya tarik dan daya tolak kelistrikan antara dua benda yang bermuatan listrik adalah perkalian muatannya dengankuadrat terbalik dari jaraknya. Rumus ini sangat mirip dengan hukum gravitasi Newton.Di Blois, Coulomb meneliti sifat muatan listrik pada benda dan diketemukannya bahwa muatantersebut hanya ada pada permukaan benda. Didapatkannya pula bahwa daya magnet juga mengikutihukum kuadrat terbalik seperti daya listrik statis. Beberapa karyanya ditemukan juga oleh HenryCavendish tetapi karya Cavendish baru terbit tahun pada tahun 1879. Penemuan Coulomb yangmemastikan adanya hubungan antara kelistrikan dan magnetisme kelak dibuktikan oleh Hans Christian Ørsted serta Siméon Poisson. Dan ini menjadi dasar penelitian elektrodinamika oleh Andre-MarieAmpere. Semua karyanya menunjukkan orisinalitas dan penelitian yang teliti serta tekun
Galileo Galilei
Galileo Galilei adalah seorang astronom, filsuf, dan fisikawan Italia yangmemiliki peran besar dalam revolusi ilmiah. Ia diajukan ke pengadilan gereja Italia pada 22 Juni 1633. Pemikirannya tentang matahari sebagai pusat tata suryabertentangan dengan keyakinan gereja bahwa bumi adalah pusat alam semesta. Karya-karyanya antara lain adalah penyempurnaan teleskop, berbagai observasi astronomi,dan hukum gerak pertama dan kedua. Ia juga sering disebut-sebut sebagai “bapak astronomi modern”, “bapak fisika modern”,dan “bapak sains”.Galileo Galilei dilahirkan di Pisa, Tuscany pada tanggal 15 Februari 1564. Pada tahun 1612, Galileo pergi ke Roma dan bergabung dengan Accademia dei Lincei untuk mengamati bintik matahari. Pada tahun1624, ia mengembangkan salah satu mikroskop awal. Pada tahun 1630, ia kembali ke Roma untuk membuat izin mencetak buku Dialogo sopra i due massimi sistemi del mondoyang kemudianditerbitkan di Florence pada 1632. Namun, di tahun itu pula. Pada tanggal 8 Januari 1642, Galileo wafat di Arcetri.Galileo tidak menciptakan teleskop tapi ia telah menyempurnakan alat tersebut. Ia menjadi orang pertama yang memakainya untuk mengamati langit, dan untuk beberapa waktu. Awalnya, ia membuatteleskop hanya berdasarkan deskripsi tentang alat yang dibuat di Belanda pada 1608. Ia membuatsebuah teleskop dengan perbesaran 3x dan kemudian membuat model-model baru yang bisa mencapai32x. Pada 25 Agustus 1609, ia mendemonstrasikan teleskop pada pembuat hukum dari Venesia. Selainitu, hasil kerjanya juga membuahkan hasil lain karena ada pedagang-pedagang yang memanfaatkanteleskopnya untuk keperluan pelayaran. Pengamatan astronominya pertama kali diterbitkan di bulanMaret 1610, berjudul Sidereus Nuncius.Galileo menemukan tiga satelit alami Jupiter -Io, Europa, dan Callisto pada 7 Januari 1610.Empat malam kemudian, ia menemukan Ganymede.Ia juga menemukan bahwa bulan-bulan tersebutmuncul dan menghilang, gejala yang ia perkirakan berasal dari pergerakan benda-benda tersebutterhadap Jupiter, sehingga ia menyimpulkan bahwa keempat benda tersebut mengorbit planet.
Sir Isaac Newton
Sir Isaac Newton adalah seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomidan juga ahli kimia yang berasal dari Inggris.Dengan berbagai hasil karya ilmiah yang dicapainya, Newton menulissebuah buku Philosophiae Naturalis Principia Mathematica, dimana pada buku tersebut dideskripsikan mengenai teori gravitasi secara umum, berdasarkan hukum gerak yangditemukannya, dimana benda akan tertarik ke bawah karena gaya gravitasi. Bekerja sama denganGottfried Leibniz, Newton mengembangkan teori kalkulus. Newton merupakan orang pertama yangmenjelaskan tentang teori gerak dan berperan penting dalam merumuskan gerakan melingkar darihukum Kepler, dimana Newton memperluas hukum tersebut dengan beranggapan bahwa suatu orbitgerakan melingkar tidak harus selalu berbentuk lingkaran sempurna (seperti elipse, hiperbola dan parabola). Newton menemukan spektrum warna ketika melakukan percobaan dengan melewati sinar  putih pada sebuah prisma, dia juga percaya bahwa sinar merupakan kumpulan dari partikel-partikel. Newton juga mengembangkan hukum tentang pendinginan yang di dapatkan dari teori binomial, danmenemukan sebuah prinsip momentum dan angular momentum. Newton dilahirkan di Woolsthorpe-by-Colsterworth, hamlet di county Lincolnshire.
James Watt
James Watt ialah seorang insinyur besar dari Skotlandia,Britania Raya. Ia berhasil menciptakan mesin uap pertama yang efisien. Ternyatamesin uap ini merupakan salah satu kekuatan yang mendorong terjadinyaRevolusi Industri,khususnya di Britania danEropa pada umumnya. Untuk  menghargai jasanya, nama belakangnya yaituWatt digunakan sebagai nama satuan daya, misalnya daya mesin dan daya listrik.
Wilhelm Conrad Rontgen
Wilhelm Conrad Röntgen ialah fisikawan Jerman yang merupakan penerima pertama Penghargaan Nobel dalam Fisika, pada tahun 1901, untuk  penemuannya pada sinar X, yang menggembar-gemborkan zaman fisikamodern dan merevolusionerkan kedokteran diagnostik. Penelitiannya juga termasuk karya padaelastisitas, gerak pipa rambut pada fluida, panas gas tertentu, konduksi panas pada kristal, penyerapan panas oleh gas, dan piezoelektrisitas.Pada tahun 1895, saat mengadakan percobaan dengan aliran arus listrik dan tabung gelas yang dikosongkan sebagian (tabung sinar katode), Rontgen mengamati bahwa potongan barium platinosianida yang berdekatan melepaskan sinar saat tabung itu dioperasikan. Ia merumuskan teori bahwa saat sinar katode (elektron) menembus dinding gelas tabung, beberapa radiasi yang tak diketahuiterbentuk yang melintasi ruangan, menembus bahan kimia, dan menyebabkan fluoresensi.Pengamatan lebih lanjut mengungkapkan bahwa kertas, kayu, dan aluminum, di antara bahanlain, transparan pada bentuk baru radiasi ini. Ia menemukan bahwa itu mempengaruhi plat fotografi,dan, sejak tidak secara nyata menunjukkan beberapa sifat cahaya, seperti refleksi atau refraksi, secarasalah ia berpikir bahwa sinar itu tak berhubungan pada cahaya. Dalam pandangan pada sifat tak pastiitu, ia menyebut fenomena radiasi X, walau juga dikenal sebagai radiasi Rontgen. Ia mengambilfotografi sinar-X pertama, dari bagian dalam obyek logam dan tulang tangan istrinya ter� [ a a (5� (P� erkebangsaan Denmark, Tycho Brahe, yang melakukan pengamatan lebih teliti dan tepat terhadap gerakan-gerakan planet. Dari data-data hasil pengamatan inilah yang membikin Johannes Kepler akhirnya mampu merumuskan hukum-hukumgerak planet yang tepat.Dengan demikian, teori Copernicus telah merevolusionerkan konsep kita tentang angkasa luar dan sekaligus sudah merombak pandangan filosofis kita. Namun, dalam hal penilaian mengenai arti penting Copernicus, haruslah diingat bahwa astronomi tidaklah mempunyai jangkauan jauh dalam penggunaan praktis sehari-hari seperti halnya fisika kimia dan biologi. Buku Copernicus punya makna yang tampaknya tak memungkinkan baik Galileo maupun Kepler menyelesaikan kerja ilmiahnya.Mereka semua adalah pendahulu-pendahulu yang penting dan menentukan bagi Newton, dan penemuan merekalah yang membikin kemungkinan bagi Newton merumuskan hukum-hukum gerak dan gaya beratnya. Secara historis, penerbitan De Revolutionobus Orbium Coelestium merupakan titik tolak astronomi modern. Lebih dari itu, merupakan titik tolak pengetahuan modern.
Nicolaus Copernicus
Nicolaus Copernicus (nama Polandianya: Mikolaj Kopernik), dilahirkan tahun1473 di kota Torun di tepi sungai Vistula, Polandia. Dia berasal dari keluarga berada. Selama berada di Italia, Copernicus sudah berkenalan dengan ide-ide filosof Yunani Aristarchus dari Samos (abad ke-13 SM). Filosof ini berpendapat bahwa bumi dan planit-planit lain berputar mengitari matahari. Copernicus jadi yakin atas kebenaran hipotesa “heliocentris” ini, dan tatkala diamenginjak usia empat puluh tahun dia mulai mengedarkan buah tulisannya diantara teman-temannyadalam bentuk tulisan-tulisan ringkas, mengedepankan cikal bakal gagasannya sendiri tentang masalahitu. Copernicus memerlukan waktu bertahun-tahun melakukan pengamatan, perhitungan cermat yangdiperlukan untuk penyusunan buku besarnya De Revolutionibus Orbium Coelestium (TentangRevolusi Bulatan Benda-benda Langit), yang melukiskan teorinya secara terperinci danmengedepankan pembuktian-pembuktiannya. Dalam buku itu Copernicus dengan tepat mengatakan bahwa bumi berputar pada porosnya, bahwa bulan berputar mengelilingi matahari dan bumi, serta planet-planet lain semuanya berputar mengelilingi matahari.Tapi, seperti halnya para pendahulunya, dia membuat perhitungan yangsalah mengenai skala peredaran planet mengelilingi matahari. Dia juga membuat kekeliruan besar karena dia yakin betul bahwa orbit mengandung lingkaran-lingkaran. Jadi, bukan saja teori iniruwet secara matematik, tapi juga tidak betul. Meski begitu, bukunya lekas mendapat perhatian besar.Para astronom lain pun tergugah, terutama astronom berkebangsaan Denmark, Tycho Brahe, yang melakukan pengamatan lebih teliti dan tepat terhadap gerakan-gerakan planet. Dari data-data hasil pengamatan inilah yang membikin Johannes Kepler akhirnya mampu merumuskan hukum-hukumgerak planet yang tepat.Dengan demikian, teori Copernicus telah merevolusionerkan konsep kita tentang angkasa luar dan sekaligus sudah merombak pandangan filosofis kita. Namun, dalam hal penilaian mengenai arti penting Copernicus, haruslah diingat bahwa astronomi tidaklah mempunyai jangkauan jauh dalam penggunaan praktis sehari-hari seperti halnya fisika kimia dan biologi. Buku Copernicus punya makna yang tampaknya tak memungkinkan baik Galileo maupun Kepler menyelesaikan kerja ilmiahnya.Mereka semua adalah pendahulu-pendahulu yang penting dan menentukan bagi Newton, dan penemuan merekalah yang membikin kemungkinan bagi Newton merumuskan hukum-hukum gerak dan gaya beratnya. Secara historis, penerbitan De Revolutionobus Orbium Coelestium merupakan titik tolak astronomi modern. Lebih dari itu, merupakan titik tolak pengetahuan modern.
Michael Faraday
Michael Faraday ialah ilmuwan Inggris yang mendapat julukan “Bapak Listrik “, karena berkat usahanya listrik menjadi teknologi yang banyak gunanya.Ia mempelajari berbagai bidang ilmu pengetahuan, termasuk  elektromagnetismedan elektrokimia. Dia juga menemukan alat yang nantinya menjadi pembakar Bunsen, yang digunakan hampir di seluruh laboratorium sains sebagai sumber  panas yang praktis.Efek magnetisme menuntunnya menemukan ide-ide yang menjadi dasar teori medan magnet. Ia banyak memberi ceramah untuk mempopulerkan ilmu pengetahuan ilmu pengetahuan pada masyarakatumum. Pendekatan rasionalnya dalam mengembangkan teori dan menganalisis hasilnya amat mengagumkan
Albert Einstein
Einstein, lahir di Ulm, Jerman. Pada tahun 1905,gagasannya yang sudah ada dalam pikirannya bertahun-tahun ketika ia harus memusatkan perhatiannya untuk pekerjaan lain berbuah menjadi tiga makalah pendek. Gagasan initelah mengubah pikiran bukan hanya dalam bidang fisika melainkan juga dalam peradaban modern ini.Makalahnya yang pertama mengungkapkansifat cahaya, ia menyatakan bahwa cahaya mempunyaisifat dual, yaitu partikel dan gelombang. Makalah yang kedua ialah mengenai gerak Brownian, gerak zigzag dari sebintik bahan yang terapung dalam fluida, misalnya serbuk sari dalam air. Einstein mendapatkan rumus yang mengaitkan gerak brownian dengan gerak partikel yang ditumbuk oleh molekul fluida dimana partikel itu terapung.Walaupun teori molekular telah dikemukakan bertahun-tahun sebelumnya, ini merupakaneksperimen yang meyakinkan yang memperlihatkan kaitan pasti yang sudah lama dinantikan orang.Makalah yang ketiga, memperkenalkan teori relativitas.. Setelah ia mulai mendapatkan kedudukan pada Universitas di negara Swiss dan cekoslowakia,dalam tahun 1913 ia memperoleh pekerjaan di Kaiser Wilhelm Institute di Berlin, sehingga ia dapatmelakukan penelitian dengan bebas tanpa kekhawatiran kekurangan uang dan beban kewajiban rutin.Pada waktu itu minat Einstein ialah terutama dalam bidang gravitasi, dan mulai dari hal yangditinggalkan Newton lebih dari dua abad yang lalu. Teori Relativitas Umum Einstein yang diterbitkan dalam tahun 1915, mengaitkan gravitasidengan struktur ruang dan waktu. Dalam teori ini, gaya gravitasi dapat dipikirkan sebagai ruang-waktu yang melengkung di sekitar benda sehingga massa yang berdekatan cenderung untuk bergerak kearahnya, sama seperti kelereng yang menggelinding ke alas lubang yang berbentuk seperti mangkuk.dari teori teori relativitas umum orang dapat membuat ramalan teoretis, misalnya cahaya harusdipengaruhi oleh gaya gravitasi, dan ternyata semuanya terbukti secara eksperimental. Penemuan berikutnya yang menyatakan bahwa semesta ini memuai ternyata cocok dengan teori.Dalam tahun 1917, Einstein mengemukakan penurunan baru mengenai rumus radiasi bendahitam Planck dengan memperkenalkan gagasan radiasi yang terstimulasi, suatu gagasan yang buahnyamuncul 40 tahun kemudian sebagai penemuan laser. Perkembangan mekanika kuantum dalam tahun1920 mengganggu Einstein yang tidak menerima pandangan probabilistik sebagai pandangandeterministik walaupun dalam skala atomik. Akhir hidupnya dipakai untuk mencari teori medan terpadu yang menyatukan medan gravitasidan elektromagnetisme dalam suatu gambaran, namun usahanya ini tidak berhasil. Suatu pemikiran yang belum tepecahkan sampai sekarang yang diwariskan oleh Albert Einstein sampai ajalnya datang menjemput, yaitu menemukan teori medan terpadu yang menyatukan medangravitasi dan elektromagnetisme dalam suatu rumus atau hukum
Allesandro Volta
Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Volta lahir di Como, Italia

Volta merupakan seorang fisikawan Italia. Ia terutama dikenal karena mengembangkan baterai pada tahun 1800. Ia melanjutkan pekerjaan Luigi Galvani dan membuktikan bahwa teori Galvani yaitu efek kejutan kaki kodok adalah salah. Secara fakta, efek ini muncul akibat 2 logam tak sejenis dari pisau bedah Galvani. Berdasarkan pendapat ini, Volta berhasil menciptakan Baterai Volta (Voltac Pile). Atas jasanya, satuan beda potensial listrik dinamakan volt.
Pada 1776-1777 Volta mempelajari kimia gas. Ia menemukan metana dengan mengumpulkan gas dari rawa-rawa. Dia merancang percobaan seperti pembakaran metana oleh percikan listrik dalam wadah tertutup. Volta juga mempelajari apa yang sekarang kita sebut kapasitansi listrik, pengembangan sarana terpisah untuk belajar baik potensial listrik (V) dan muatan (Q), dan menemukan bahwa untuk suatu objek mereka proporsional. Hal ini mungkin disebut Volta Hukum tentang kapasitansi, dan kemungkinan untuk pekerjaan ini unit potensi listrik itu disebut Volt.
Volta menyadari bahwa kaki katak menjabat baik sebagai konduktor listrik (elektrolit) dan sebagai detektor listrik. Dia diganti kaki katak oleh kertas direndam air garam-, dan mendeteksi aliran listrik dengan cara lain yang dia kenal dari studi sebelumnya. Dengan cara ini dia menemukan seri elektrokimia, dan hukum bahwa gaya gerak listrik (ggl) dari sebuah sel galvanik, yang terdiri dari sepasang elektroda logam yang dipisahkan oleh elektrolit, perbedaan antara dua elektroda potensi mereka. Ini dapat disebut Hukum Volta tentang seri elektrokimia.
Pada tahun 1800, sebagai hasil dari perselisihan profesional atas tanggapan galvanik dianjurkan oleh Galvani, dia menciptakan tumpukan volta, baterai listrik awal, yang menghasilkan arus listrik stabil. Volta telah menentukan bahwa pasangan yang paling efektif logam berbeda untuk menghasilkan listrik seng dan perak. Awalnya dia bereksperimen dengan sel individu dalam seri, setiap sel menjadi piala anggur diisi dengan air

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s